Elsina Hijab : Berawal dari Mimpi





Dalam kesempatan kali  ini, saya akan sedikit sharing tentang berwirausaha alias berdagang.   Saya akan cerita-cerita tentang usaha yang tengah saya geluti hari ini yaitu jualan Elsina Hijab. Elsina hijab adalah usaha keluarga yang dirintis kakak saya (Dina Tharifah Rahmani). Pahit dan manisnya  akan saya ceritakan, hehe.  Saya ingin berbagi bahwa merintis usaha itu tidak mudah, tidak segampang  kata-kata di buku. Butuh perjuangan dan pengorbanan, cielah. Baiklah, mari kita mulai.

Sejak SMP saya dan ke-4 saudari  sudah mulai berdagang, coba-coba cari uang sendiri buat nambah uang jajan.  Seingat saya, pertama kali saya mulai berdagang adalah jualan pulsa. Dan itu lumayan untung, soalnya yang jualan pulsa masih dikit. Berlanjutlah SMA, mulai  dari jualan pulsa, manset, kaus kaki, majalah d’rise, sampai jualan puding.  Teman-teman saya suka komentar kalau sudah mulai jualan, katanya saya kaya sales nyerocos mulu. Lumayanlah dari jualan, saya belajar ngomong dan berinteraksi dengan orang. Yang paling saya inget adalah jualan puding.  Puding ini di produksi sendiri oleh sepupu saya. Beuh, enak banget pudingnya. Dibuat dari susu murni asli ditambah sirup buah markisa dari kebun sendiri. Pudingnya laku keras, saking lakunya setiap pagi teman-teman selalu menunggu saya datang untuk membeli puding. Serulah gak ada malu dan ngapain malu wong cuman jualan. Intinya sih ya kalau kata kakak saya berani aja dan tumbuhkan jiwa dagangmu. Nih ya, waktu itu kami sangat termotivasi dengan kata-kata “ 9 dari 10 pintu rezeki dibuka untuk berdagang”.

Berlanjut ke kuliahan, saya jualan lagi. Tadinya mau memproduksi puding sendiri, tapi bakal keteteran karena kuliah. Akhirnya jualan pulsa, d’rise masih lanjut sampai nama saya ada di majalah itu. Seneng banget waktu itu, haha padahal baru jadi pengedar doang. D’rise akhirnya berhenti karena pasarnya udah gak cocok. Masih jualan pulsa ditambah jualan buku. Sampai akhirnya sekarang jualan elsina hijab.

Elsina hijab adalah cerita panjang, hehe. Seperti yang saya bilang di awal, elsina hijab  adalah usaha yang dirintis oleh kakak saya. Urusan saya mah cuman memasarkan, nah kakak saya ini yang memproduksi sendiri.  Produk elsina hijab  ada manset, kerudung dan jilbab(gamis).  Elsina hijab ini bermula dari jiwa berdagang tadi,hehe. Awalnya sih, kita gak punya merk dan cuman posting photo jilbab pink abu di FB. Eh, alhamdulillah ada yang mau beli. Jauh lagi dari papua. Setelah itu, kakak saya mau menseriusi jualan elsina hijab ini. Ngejahit manset dan kerudung sendiri. Kalau jilbab, ya cari penjahit yang lebih ahli.

Meski di awal-awal baru dikit yang beli,  Alhamdulillah berbekal  istiqomah usaha elsina hijab berjalan sampai sekarang. Saya inget banget waktu itu, saya melihat peluang kalau elsina hijab ini bakalan jadi besar pasalnya saya ketemu kenalan yang punya pasar yang besar. Semangat banget saya, langsunglah terbayang dibenak saya elsina bakal jadi besar dan punya untung besar. Ternyata eh ternyata, semua itu proses. Saya ngebayanginnya bakal cepet banget,hehe perlu sabar juga dalam membangun usaha. Pasar yang saya maksudkan benar-benar dalam skala besar, dan elsina hijab saat itu belum cukup siap. Butuh modal besar dan sdm yang lumayan.  Sedikit kecewa sih, tapi kata kakak saya “kita harus membangun elsina hijab dengan pondasi yang kokoh dulu, ini mah belajar dulu. Bisa saja sih modal itu di cari, ada yang investasi. Tapi bakalan berat banget kalau begini. Kalu elsinanya belum kuat, bisa bangkrut mendadak dan hutang dimana-mana,  manegemennya harus bagus.”  Saya cuman angguk-angguk kepala.

Dalam berjualan pun harus melapangkan dada, karena konsumen banyak maunya. Kalau ada yang komplan harus sabar menerima omelan. Elsina hijab ini pre order (Pesan baru dibikinin) butuh satu minggu buat pesanan itu sampai di konsumen. Yah, ini juga kadang jadi kendala. Apapun dijalanilah, setiap kesulitan akan ada kemudahan. Semakin kesini, orderan tambah banyak. Elsina hijab dipasarkannya lewat adik saya yang tinggal di sukabumi, adik saya yang kuliah di AKA, saya yang kuliah di bogor dan lewat media online.

Oh iya, mohon do’anya. Kami punya cita-cita naik hajiin Ibu,semoga Allah kasih kami rezeki, bisnis elsina hijab lancar dan barakah.

Jika teman-teman berminat untuk membeli elsina hijab bisa kunjungi fanspage di FB elsina hijab.  Boleh juga lewat sini :
Bbm :  7D63D6FA
FB/Twitter : Felycitia Iradati Yusrina/@felycitia

u


Komentar

  1. Teh peii semoga cita-cita mulianya dikabulkan oleh Allah :)

    BalasHapus
  2. Aamin ya Allah. Jazakillah de zahra sdh memfollow. Nemu juga ya tombol follownya. Hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

ayo, kasih komentar..

Postingan populer dari blog ini

Aku Ingin Memeluk Tuhan

'Mobil Syetan' Sang Raja Jalanan

Dari Aktuaria Sampai Teori Darwin