MONA-MONI



Tebak coba, apa itu mona-moni?

Mona-moni itu bukan nama makanan atau minuman. Bukan juga nama cewek-cewek cantik yang suka nangkring di jalan. Mona-moni itu nama dua ekor sapi yang sensasional.

Di daerah sukabumi tepatnya sepanjang jalan raya cisaat, cibatu, jalancagak, sampai cibolang ada dua sapi yang suka berjalan-jalan di jalan raya mencari makan. Entahlah, apa jenis kelamin dua sapi tersebut, yang jelas dua sapi besar berbulu coklat yang memakai lonceng di lehernya itu terkenal dengan sebutan mona-moni. Kebayang dong, dua ekor sapi ada di tengah jalan? ya.. ya.. jalanan sering kali macet gara-gara sapi ini. Pas awal-awal saya jumpa sapi ini, saya terpesona pada pandangan pertama, (cielaahh) mereka tengah berjalan gontai sambil sesekali melecuti buntutnya diikuti pula oleh mobil-mobil yang berderet seperti mangawal perjalanan mereka. Padahal mobil-mobil itu kena macet gara-gara si mona-moni. Saya heran, emang yang punya kemana ngebiarin mona-moni menghadapi kerasnya hidup di jalanan begini. Pawang sapi! mana pawang sapi? Polisi, mana polisi ? ada dua sapi tersesat dijalanan begini? bikin macet jalanan.

 Saat saya  asik sedang ngedumel  mona-moni, adik saya  nimbrung cerita kisah mona moni( waktu itu lagi ngejemput adek)
"Mona-moni itu sapi yang suka di jalan raya, biasanya ada di cisaat. Mona-moni suka nyari makan di jalan, dia makan sampah juga.  katanya yang punya udah ga ada jadi dia di-liar-in di jalanan. Tapi hebat loh dia sekalipun udah kemana-mana mengembara di jalanan, dia suka kembali lagi ke kandangnya. Hebatkan? Eh, mona-moni juga udah masuk on the spot loh"  kata adik saya.

Alah, ga penting mona-moni udah masuk on the spot kek mau engga kek, yang penting dia bikin jalanan macet. Sudahlah, hari itu cerita mona-moni terhenti, karena saya terbebas dari kemacetan.

Ternyata bukan jadi pertemuan pertama dan terakhir, beberapa kali saya ketemu lagi mona-moni, pas ke pasar, jemput adek, jemput ponakan.  Selidik punya selidik, saya dapet cerita dari beberapa orang. Gosip-gosip dan desas-desus yang beredar, katanya yang punya mona-moni ini kaya banget dan baik banget, suka nyumbang berehan lah kalau istiilah sundanya. jadi katanya ga ada yang berani negur itu mona-moni sekalipun itu polisi. Eta si mona-moni dibiarin , euleh-euleh. Katanya  lagi, si mona-moni itu katanya sapi dukun-dukun gitu lah.

Tulisan ini, cuman informasi aja. Kalau di sukabumi ada dua sapi yang berkeliaran dijalan, ngalangin jalan, sampai teronton aja harus berhenti dulu nunguin si mona-moni lewat.

Ibrahnya saya belum dapet, yang pasti buat masyarakat kalau mona-moni udah meresahkan dan menggangu segera dtindak lanjuti. Soalnya, kemarin saya liat mona-moni lagi makan padi di sawah orang lain, yang punya kasian banget ya bisa-bisa gagal panen tuh.

Oke, semoga bermanfaat :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Ingin Memeluk Tuhan

'Mobil Syetan' Sang Raja Jalanan

Dari Aktuaria Sampai Teori Darwin