Masalah Komunikasi

Semenjak ada android, komunikasi jadi semakin mudah dan informasi bisa tersebar dengan cepat. Kalau dulu lewat sms dan telepon saja , sekarang bisa lewat line, wa, bbm, dll.

Meskipun jadi lebih mudah, tapi komunikasi tanpa tatap muka kadang menjadi masalah. Ya, kadang ada kesalahan komunikasi. Saya alami ha ini , Misal dalam pembacaan pesan lewat apapun, kadang pembaca menangkap  pesan tak sesuai dengan yang dimaksud si pengirim. misal si pengirim tak berniat ada unsur marah dalam pesannya. Tapi entah kenapa pembaca menangkap pesan itu bernada marah. Nah, inilah kelemahannya tidak bisa mendengar nada/intonasi suaranya, mimik wajahnya.  Dengan adanya emoticon, sebetulnya sedikit membantu menggambarkan mimik wajah. Ada pula video call yang dapat melihat mimik wajah dan intonasi tapi ada juga kekurangan dan keterbatasannya, misal sinyal yang jelek jadi suara dan wajahnya gak jelas. Untuk itu, baiknya ketika kita mau memberi pemahaman tentang sesuatu lebih baik bertemu langsung saja agar jelas. 

Bicara tentang pemahaman jadi inget dakwah. Dakwah itu kan menyeru dalam rangka mengubah pemikiran seseorang yang tadinya batil menjadi shahih dan timbul darinya kesadaran. Bisa ga ya dakwah lewat hanya medsos aja?  jawabannya tidak cukup dengan medsos saja. Karena kadang terjadi pula kesalahan memahami kalau hanya lewat membaca dari tulisan lewat medsos. Kontak langsung selalu perlu agar penjelasan dakwah terang dan jelas. Memang dengan adanya medsos, kita lebih mudah untuk menyebarkan informasi, mengajak ke acara, menyebarkan  opini-opini dll. Tapi tetap saja agar dakwah itu sampai padanya sehingga menimbukan kesadaran  butuh kontak langsung, bertemu dan berdiskusi. ketika bertemu akan jelas mimik wajahnya, intonasinya. sehingga dari sana terlihat penerimaan ia terhadap ide islam yang telah disampaikan. 

Jadi kemana-mana, hehe. intinya dakwah tak pernah cukup di medsos atau dunia maya tapi butuh kontak langsung di dunia nyata. Satu ha lagi, perbaiki cara berkomunikasi kita. agar tidak salah atau jadi masalah. 

*malam menjelang ujian :) udah lama gak nulis pengen nulis yang banyaaak 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Ingin Memeluk Tuhan

'Mobil Syetan' Sang Raja Jalanan

Dari Aktuaria Sampai Teori Darwin